JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA DI SD NEGERI KABONENA KECAMATAN ULUJADI KOTA PALU |
Nama: SERMIA YALUTUNG |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh model pembelajaran kuantum terhadap hasil belajar siswa tentang IPA di SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu, (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. (3) Interaksi pengaruh antara model pembelajaran kuantum dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah percobaan faktorial dengan rancangan dua faktor. Adapun sampel dalam penelitian ini kelas IV yang terdiri dua kelas yaitu IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar, pemberian angket tentang kepercayaan diri dan observasi. Teknik Analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah dengan menggunakan uji analisis variansi (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikan ? = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Model pembelajaran kuantum berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tentang IPA di SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu. (2) Hasil belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa tentang IPA di SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu. (3) Model pembelajaran kuantum dan kepercayaan diri berpengaruh sendiri-sendiri (tidak terdapat interaksi) terhadap hasil belajar siswa tentang IPA di SD Negeri Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar. |