JudulPENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK BALA KESELAMATAN PALU |
Nama: ADRIANUS HALAWA |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh: (1) fasilitas belajar terhadap hasil belajar kimia Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Bala Keselamatan Palu; (2) pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar kimia Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Bala Keselamatan Palu; (3) pengaruh fasilitas belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar kimia Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Bala Keselamatan Palu; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Bala Keselamatan Palu Tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 91 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Data hasil belajar kimia diperoleh dari rata-rata hasil ulangan harian, data fasilitas belajar dan kreativitas siswa menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi dengan bantuan SPSS. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linear ganda, dengan taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) fasilitas belajar terhadap hasil belajar kimia; (2) kreativitas siswa terhadap hasil belajar kimia; (3) fasilitas belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar kimia. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Kimia |