Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA KELAS IV SD NEGERI AMPERA
Nama: ABRAHAM FORBEARANCE PEARL KOMBU
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Abraham F.P. Kombu, 2019. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa tentang IPA Kelas IV SD Negeri Ampera. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Siti Nuryanti, Pembimbing (II) Amram Rede. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa tentang IPA kelas IV SD Negeri Ampera. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian equivalen pretest-postest. Adapun obyek dalam penelitian ini adalah kelas IV dimana kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan IVb sebagai kelas control yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dengan uji t yang sebelumnya di uji prasyarat (Normalitas dan Homogenitas). Uji hipotesis dilakukan dengan uji n-gain dan uji t pada taraf siqnifikan ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen adalah 67,54 sedangkan pada kelas control adalah 46,31. Uji t diperoleh t hitung 7,62 dan t tabel 1,68 dengan demikian t hitung > t tabel (7,62 > 1,68) sehingga dapat dinyatakan Ho ditolak H1 diterima. Hal ini membuktikan ada pengaruh siqnifikan model pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up