Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN SCENE SETTING PADA MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 4 MAN 1 PALU
Nama: AGUSNAWATI
Tahun: 2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa di Kelas XI MIA 4 MAN 1 Palu melalui penerapan Scene Setting pada model Explicit Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 4 dengan jumlah siswa 30 orang, laki-laki 11 orang dan perempuan 19 orang. Tehnik pengumpulan data kuantitatif digunakan tes awal dan tes akhir sedangkan untuk data kualitatif digunakan lembar observasi. Hasil tindakan siklus I diperoleh data dari 30 orang siswa, yang belum tuntas 21 orang dan yang tuntas 9 orang. Daya serap klasikal pada siklus I yaitu 55.81%, dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 30 %. Sedangkan siklus ke II, diperoleh 30 orang yang tuntas dan tidak ada yang tidak tuntas. Daya serap klasikal 80.33?n ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar. Nilai N-gain hasil belajar yaitu 0,58 dengan kriteria sedang. Kemudian untuk motivasi nilai N-gain 0,45 kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Scene Setting pada model Explicit Instruction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 4 MAN 1 Palu. Kata kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Scene Setting dan Model Explicit Instruction.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up