JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN MEDIA PRESENTASI CAMTASIA STUDIO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 SIGI BIROMARU |
Nama: SAUMADIN WAGIMAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tiap STAD dipadukan dengan media presentasi camtasia studio pada kelas XI MIPA pada SMAN 1 Sigi Biromaru. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA1 sebanyak 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA2 sebanyak 22 orang sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara Purposive Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t (Independent Sample t-Test) dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa di kelas eksperimen adalah 81.23 sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar pada kelas kontrol adalah 66.36. Nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 84.55 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah 73.95. Berdasarkan analisis hipotesis dengan statistik uji-t motivasi belajar diperoleh nilai ?thitung = ? 7.670 dan ini berada pada daerah penolakan H0 yaitu -2.018 dan 2.018. Analisis hipotesis dengan statistik uji-t hasil belajar diperoleh nilai ?thitung = ? 8.056 dan ini berada pada daerah penolakan H0 yaitu -2.018 dan 2.018. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipadukan dengan media presentasi camtasia studio terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas XI MIPA di SMAN 1 Sigi Biromaru. Kata Kunci: STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Camtasia Studio |