JudulPENGARUH PENDAMPINGAN KURIKULUM DAN IKLIM KERJA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA PILOTING KURIKULUM 2013 DI KOTA PALU |
Nama: NURUL FAISAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendampingan kurikulum terhadap kinerja guru, iklim kerja sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, serta pendampingan kurikulum dan iklim kerja secara simultan terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMA piloting Kurikulum 2013 di Kota Palu yang berjumlah 50 orang dengan jumlah sampel 21%. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pendampingan kurikulum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru, 2) iklim kerja sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. 3) secara simultan pendampingan kurikulum dan iklim kerja sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kontribusi pengaruh pendampingan kurikulum dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru sebesar 24,7%, sedangkan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Pendampingan Kurikulum, Iklim Kerja, Kinerja Guru |