Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBANTUAN MEDIA VISUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUARI BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 7 POSO
Nama: SELVINA DORANGGI
Tahun: 2020
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif berbantuan media Visual dan Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan media Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 7 Poso. Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas V SD Negeri 7 Poso berjumlah 50 siswa, yang dijadikan sampel sebagai sumber data penelitian adalah siswa kelas Va berjumlah 25 siswa dan kelas Vb berjumlah 25 siswa. Adapun cara pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat hipotesis dan pengujian hipotesis. hasil perhitungan hipotesis pertama dengan program SPSS diperoleh nilai signifikan untuk hasil tes uji t sebesar 18,728 lebih besar dari t tabel sebesar 2,064 dan nilai p = 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kreatif produktif berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Poso pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diterima. hasil perhitungan hipotesis kedua dengan program SPSS diperoleh nilai signifikan untuk hasil tes uji t sebesar 19,316 lebih besar dari t tabel sebesar 2,064 dan nilai p = 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Poso pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diterima. hasil perhitungan hipotesis ketiga dengan program SPSS diperoleh nilai Fhitung sebesar 12,292 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,043 dan nilai p = 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kreatif produktif berbantuan media visual dan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta konsep secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Poso pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kreatif-Produktif, Media Visual, Model Pembelajaran Inkuiri, Media Peta Konsep, hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up