Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENELITI PERSEPSI GURU PRA-JABATAN BAHASA INGGRIS TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Nama: PAULA ANASTASIA ARUNDE
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini mengkaji persepsi dan tantangan yang dihadapi oleh guru pra- jabatan Bahasa Inggris (EFL) terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, dengan fokus khusus pada peserta Program PPG Prajabatan di Universitas Tadulako. Menggunakan pendekata campuran, data kuantitatif dikumpulkan dari 50 guru pra-jabatan menggunakan kuesioner, sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan sejumlah partisipan terpilih. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru pra-jabatan memandang Kurikulum Merdeka Belajar sebagai kurikulum yang mudah diakses, fleksibel, dan mendukung konsep pembelajaran berpusat pada siswa. Mereka menyatakan percaya diri dalam merancang pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang beragam, terutama melalui pembelajaran berdiferensiasi dan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan, antara lain kesulitan dalam memahami teori kurikulum ke dalam praktek pembelajaran, keterbatasan pengalaman langsung dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, serta waktu yang relative lama diperlukan untuk menyiapkan materi diferensiasi bagi kelas dengan tingkat kemampuan siswa yang beragam. Kendala ini seringkali dipengaruhi oleh keterbatasan institusi dan minimnya praktik langsung dalam pengembangan kurikulum. Studi ini menekankan pentingnya pengembangan profesional berkelanjutan, pelatihan praktis, dan dukungan sistemik dalam memperkuat kesiapan guru pra-jabatan untuk implementasi kurikulum secara efektif dalam konteks pembelajaran yang dinamis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up