JudulPRAKTIK PENGAJARAN DIGITAL GURU EFL: STUDI KASUS SKALA KECIL DI SMP MODEL TERPADU MADANI |
Nama: NADILA INDAH CAHYANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Nadila Indah Cahyani (A 121 23 009). Tesis ini berjudul “Praktik Pengajaran Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing: Studi skala kecil di SMP Model Terpadu Madani”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Aminah dan Mukrim. Penelitian ini mengkaji praktik pengajaran digital di kalangan guru EFL (English as a Foreign Language) di SMP Madani Palu, dengan fokus pada penggunaan, pembuatan materi digital, dan dampaknya terhadap keterlibatan siswa serta hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, melibatkan tiga guru bahasa Inggris dan tiga siswa dari berbagai tingkatan kelas yang dipilih berdasarkan pengalaman mereka dengan pengajaran digital. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan analisis dokumen berupa rencana pembelajaran. Analisis data mengikuti pendekatan Miles dan Huberman (1994), yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan alat digital yang sering, seperti YouTube, PowerPoint, dan Canva, untuk menyampaikan pembelajaran yang dinamis. Perencanaan materi digital oleh guru dilakukan secara hati-hati dengan menyesuaikan kebutuhan siswa dan tujuan kurikulum, menggunakan pendekatan eksplorasi kolaboratif dan kerangka kerja DPACK. Pengajaran digital meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, tetapi juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses perangkat dan distraksi digital. Penelitian ini menyoroti potensi transformatif alat digital dalam pendidikan bahasa Inggris sekaligus menekankan perlunya investasi berkelanjutan dalam infrastruktur dan pengembangan profesional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun praktik pengajaran digital di SMP Madani Palu telah secara signifikan meningkatkan pendidikan bahasa Inggris, investasi berkelanjutan dalam infrastruktur dan pelatihan guru sangat penting untuk sepenuhnya memanfaatkan manfaat pembelajaran digital. Kata Kunci: Praktik Pengajaran Digital, Guru EFL, Alat Digital, Model DPACK, Keterlibatan Siswa. |