JudulPERSPEKTIF MAHASISWA EFL DI UNIVERSITAS TADULAKO TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MENYIMAK |
Nama: SITI FATIMAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Siti Fatimah (A 122 22 010). Tesis ini berjudul Perspektif Mahasiswa EFL Universitas Tadulako Terhadap Penggunaan Media Audio-Visual dalam Mendengarkan. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako di bawah bimbingan Rofiqoh dan Nur Sehang Thamrin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif siswa terhadap penggunaan Media Audio-Visual (AVM) dalam prestasi mendengarkan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, wawancara, dan dokumen. Pesertanya adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris semester III tahun akademik 2023/2024 Universitas Tadulako. Jumlahnya 36 siswa dan 8 orang diantaranya terlibat dalam wawancara. Mereka dipilih untuk diwawancarai karena mereka adalah siswa yang lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mempunyai nilai pendengaran yang baik. Data dari kuesioner dan dokumen dianalisis dengan menggunakan SPSS dan Excel. Selain itu, metode analisis tematik digunakan untuk data wawancara. Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis tematik, data dikodekan menjadi beberapa kode yang kemudian dibentuk menjadi beberapa tema yang mengintegrasikan ketiga data yang dikumpulkan. Analisis data yang menarik dilakukan di awal untuk menemukan tema sebelum menyusun laporan. Berdasarkan temuan penelitian kualitatif yang membahas perspektif siswa terhadap penggunaan audio visual dalam mendengarkan, temuan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan AVM sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu, penggunaan AVM juga bersifat langsung dan digemari oleh para pelajar dalam penggunaannya karena media tersebut dekat dengan rutinitas sehari-hari pelajar di waktu luangnya dalam menggunakan AVM, seperti melalui media sosial, aplikasi, musik dan film. Lebih lanjut, beberapa aspek yang sangat praktis dalam pengembangan keterampilan mendengarkan adalah subtitle, kualitas audio, pengaturan kecepatan, dan aksen preferensi. Aspek-aspek tersebut dapat menjadi tantangan bagi siswa jika platform atau jenis AVM yang mereka gunakan tidak menyediakannya. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi preferensi penggunaan AVM dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Audio Visual, Keterampilan Mendengarkan |