JudulPENGGUNAAN KAHOOT DISERTAI TEKNIK INPUT ENHANCEMENTUNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS DELAPAN DI SMP NEGERI 3 BANAWA |
Nama: FATMAWATI |
Tahun: 2024 |
Abstrak FATMAWATI, A 122 22 001. Penggunaan Kahoot Disertai Teknik Input Enhancement untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Banawa. Di bawah bimbingan Aminah dan Mukrim. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah rendahnya penguasaan kosakata yang dihadapi oleh siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Banawa. Penggunaan Kahoot, dibantu dengan teknik input enhancement, digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan mencoba meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus pertama yang terdiri dari tiga pertemuan menggunakan Kahoot, dibantu dengan teknik peningkatan input dengan teks yang dimodifikasi yang dicetak tebal dan digarisbawahi, dan siklus kedua yang terdiri dari tiga pertemuan menggunakan Kahoot, dibantu dengan peningkatan input dengan teks yang dimodifikasi yang dicetak tebal dan diperbesar. Data kuantitatif dari post-test dan data kualitatif dari catatan lapangan, lembar observasi, wawancara, dan kuesioner dikumpulkan untuk mengevaluasi kemajuan dan keterlibatan siswa selama penelitian. Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah 75 atau 70% siswa mencapai nilai kelulusan. Hasil post-test pada siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 23% siswa yang mencapai nilai kelulusan. Data dari observasi dan catatan lapangan mendukung temuan bahwa rencana pembelajaran perlu direvisi, manipulasi input diubah, dan siswa dikelompokkan. Temuan dari intervensi pada siklus kedua menunjukkan bahwa 73% siswa mencapai nilai kelulusan (KKM) dalam penguasaan kosakata. Hal ini berarti bahwa kriteria keberhasilan telah terpenuhi. Selain itu, temuan dari data kualitatif menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa, interaksi, motivasi, perhatian, dan retensi kosakata. Penelitian ini menyoroti potensi Kahoot yang dibantu dengan teknik peningkatan input visual sebagai media pengajaran yang baik untuk digunakan oleh guru dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa EFL. Kata kunci: Penelitian Tindakan, Penguasaan Kosakata, Kahoot, Peningkatan input. |