JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: YUDIT BA'DUNG |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Siswa menghadapi tantangan dalam komunikasi bahasa Inggris terutama karena kosakata yang tidak mencukupi. Konsekuensinya, guru harus secara aktif menerapkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, seperti melakukan kegiatan seperti penggunaan kartu flash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan media flashcard mempunyai dampak positif terhadap peningkatan kosa kata. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre post-test dengan menggunakan 2 kelompok sampel yaitu kelompok intervensi dan kelompok control yang terdiri dari 32 orang per kelompok. Dalam memilih partisipan, peneliti menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Palu karena partisipasinya adalah siswa kelas VIII. Hasilnya dianalisis menggunakan t table dan t perhitungan untuk mengetahui pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelompok adalah 45,13 dan nilai rata-rata post-test kelompok control adalah 53, sedangkan nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen adalah 45,38, dan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 45,38, dan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 81,38. T hitung (14,57) lebh tinggi dibandingkan ttabel (1,9988). Artinya hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya, penggunaan, flashcarads efektif dalam meningkatkan kosakata pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Palu. Media flashcard dapat digunakan sebagai salah satu media di dalam kelas, karena mudah dan menarik dalam penerapannya bagi siswa. |