JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI UMPAN BALIK UNTUK MEMFASILITASI REGULASI DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MA NEGERI 2 KOTA PALU |
Nama: NURUL ALFIAH WAHYUNI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Umpan balik diperlukan untuk mengukur apakah siswa telah memahami dengan baik pelajaran yang telah disampaikan. Siswa harus diberikan umpan balik untuk membantu mereka menjadi pembelajar mandiri yang dapat mengatur aspek pemikiran, motivasi, dan perilaku mereka selama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana umpan balik diimplementasikan oleh guru berdasarkan kerangka kerja Nicol dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan penilaian formatif. Kuesioner diberikan untuk mendapatkan data bagaimana umpan balik yang memfasilitasi pengaturan diri siswa diimplementasikan di MA Negeri 2 Kota Palu, dan wawancara mendalam digunakan untuk mendapatkan data persepsi siswa terhadap penerapan umpan balik. Angket menunjukkan bahwa penerapan umpan balik di MA Negeri 2 Kota Palu mendukung self-regulation siswa. Ini membantu menjelaskan apa itu kinerja yang baik, memfasilitasi pengembangan penilaian diri dalam pembelajaran, memberikan informasi berkualitas tinggi kepada siswa tentang pembelajaran mereka, mendorong dialog guru dan teman sebaya seputar pembelajaran, mendorong keyakinan motivasi positif dan harga diri, dan memberikan kesempatan untuk menutup diri. kesenjangan antara kinerja saat ini dan yang diinginkan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa dapat mengatur dirinya sendiri setelah diberikan umpan balik. Siswa menyadari bahwa kinerja berbicara mereka baik setelah diberi umpan balik oleh guru. Dalam wawancara juga ditemukan bahwa siswa mengetahui hal apa yang perlu diperbaiki setelah diberikan umpan balik |