JudulMENGINVESTIGASI STRATEGI DAN TANTANGAN GURU DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS AKTIF SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU |
Nama: WIWIK CHAIRIYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Wiwik Chairiyah (A 122 21 005) Strategi dan Tantangan Guru untuk Mendorong Pembelajaran Bahasa Inggris Aktif Siswa di SMK Muhmmadiyah 1 Palu. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Sriati Usman dan Abdul Kamaruddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan tantangan yang dihadapi guru dalam mendorong pembelajaran bahasa Inggris aktif siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada enam strategi yang digunakan guru, yaitu; tanya jawab & diskusi, instruksi berbasis visual, permainan peran, permainan, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis penemuan. Penerapan strategi tersebut dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, guru juga menghadapi beberapa tantangan untuk mendorong pembelajaran bahasa Inggris aktif, yaitu; kurangnya peralatan dasar dan diperlukan, lingkungan fisik, penggunaan waktu untuk persiapan kelas dan untuk membuat materi otentik. Oleh karena itu, untuk mengatasi tantangan tersebut, solusi yang ditawarkan adalah; menyediakan peralatan yang dibutuhkan sekolah, memasang AC di kelas, dan mengalokasikan waktu tambahan untuk membuat materi otentik berdasarkan keterampilan khusus. Kata Kunci: strategi, tantangan, pembelajaran bahasa Inggris aktif. |