JudulPENERAPAN TEKNIK EXPOSURE, GENERALIZATION, REINFORCEMENT, DAN APPLICATION (EGRA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI |
Nama: MUHAMMAD SYARQAWY LADOMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penerapan Teknik (EGRA) dapat mengembangkan kemampuan menulis siswa atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII Raden Saleh (kelompok eksperimen). Partisipan penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis (pre-test dan post-test). Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan teknik EGRA. Data dianalisis secara statistik dan deskriptif. Nilai terendah pada pre-test adalah 38 dan nilai tertinggi adalah 77. Jumlah siswa yang berhasil dalam pre-test adalah 2 siswa. Nilai rata-rata dalam pre-test adalah 43.6. Nilai terendah pada post-test adalah 63 sedangkan nilai tertinggi adalah 88 dan jumlah siswa yang berhasil pada post-test adalah 16 siswa. Nilai rata-rata dalam posstest adalah 62.6. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan melakukan uji hipotesis. Peneliti menemukan bahwa t-hitung 9.3 lebih tinggi dari t-tabel 2.101. Ini berarti bahwa hipotesis diterima. Kesimpulannya, penerapan teknik EGRA dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. |