JudulSTUDENTS’ PERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING IN PUBLIC SPEAKING COURSE DURING COVID-19 PANDEMIC |
Nama: LIVIANY POTABUGA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Liviany Potabuga. (2021). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Mata Kuliah Public Speaking Selama Pandemi Covid-19”. Di bawah bimbingan Konder Manurung dan Rofiqoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online ditinjau dari aspek bahan ajar dan sumber belajar, metode pembelajaran, alokasi waktu, penilaian, dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan triangulasi instrumen yang meliputi checklist observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Public Speaking. Mereka dipilih dengan menggunakan total sampling. Data yang terkumpul dari instrumen dianalisis secara deskriptif. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan pembelajaran online di Mata Kuliah Public Speaking dan prestasi mahasiswa membuktikan bahwa mata kuliah tersebut disajikan dengan baik dan didukung oleh komponen pembelajaran seperti, materi pembelajaran, metode pengajaran, media, cukup dengan alokasi waktu dan penilaian. Selanjutnya, temuan dari dokumen tersebut menunjukkan bahwa semua peserta/siswa mendapat nilai yang baik untuk mata kuliah tersebut. Penelitian ini menyarankan bahwa sangat penting bagi dosen karena dalam proses penilaian, mereka perlu memberikan umpan balik kepada mahasiswa. Namun, juga sangat penting bagi siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri karena mereka memainkan peran penting dalam keberhasilan mereka dalam belajar. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Pembelajaran Online, Mata kuliah Public Speaking. |