JudulINVESTIGASI PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS SEBELAS SMA NEGERI 2 DAMPELAS |
Nama: SYARIFUDIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Syarifudin (A 121 19 009). “Investigasi Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Sebelas SMA Negeri 2 Dampelas.” Thesis.Program Studi Magister Bahasa Inggris, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan H. Hasan Basri dan Aminah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa persepi siswa atas E-Learning Bahasa Inggris selama pandemi COVID-19 dan untuk menemukan masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam penggunaan e-learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama pandemi COVID-19. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif. Data penelitian diambil dari 30 siswa kelas sebelas SMA Negeri 2 Dampelas. Untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan angket dan wawancara. Angket digunakan sebagai instrumen utama penelitian dan wawancara digunakan untuk mendukung hasil angket penelitian. Angket yang digunakan berbemtuk pernyataan dan meliputi empat tingkat pilihan jawaban dan empat pelevelan keefektifan. Kemudian, setelah menganalisa data yang dikumpulkan, disimpulkan bahwa persepsi umum siswa adalah bahwa penerapan e-learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama pandemi COVID-19 tidak efektive. Sebagai tambahan, hasil interview menunjukkan bahwa materi yang diperoleh siswa tidak dijelaskan secara rinci oleh guru. Sehingga siswa menganggap bahwa e-learning tidak cukup efektif untuk peningkatakan mereka selama pandemi. Siswa juga menjelaskan bahwa hal ini mungkin juga bukan disebabkan e-learning itu sendiri, melainkan cara guru membawakan materi pembelajaran. Di samping itu, ada empat masalah-masalah utama yang dihadapi siswa kelas sebelas SMA Negeri 2 Dampelas, yaitu: kesulitan memahami materi karena kurangnya penjelasan materi dari guru, koneksi internet yang tidak stabil, sulit berkonsentrasi, dan turunnya motivasi. Masalah-masalah tersebut saling terkait satu sama lain dan mempengaruhi motivasi siswa dalam e-learning selama pandemi. Keywords: Persepsi, E-Learning, Motivasi. |