JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU BAHASA INGGRIS DI SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU |
Nama: NUR RISKI UTAMI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2022. Partisipan dalam penelitian ini adalah 32 siswa unggulan di kelas dua SMP Al-Azhar Mandiri Palu pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumen. Kuesioner dibagikan kepada 32 siswa. Kemudian peneliti mewawancarai 5 siswa berdasarkan nilai ujian tengah semester. Hasil penelitian ini mengindikasian bahwa kebanyakan guru menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Persepsi siswa terhadap metode ini adalah mereka sangat senang saat belajar bahasa inggris dan lebih mudah untuk memahami materi. Kebanyakan siswa merasa percaya diri bekerja dalam grup karena metode ini dapat meningkatkan pencapaian mereka, membangun ikatan positif antar siswa, dan juga dapat membangun keterampilan belajar serta sosial pada saat proses belajar mengajar. Kata Kunci: persepsi siswa, metode pembelajaran, pembelajaran kooperatif. |