Judul MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS TUJUH SMPN 2 AMPANA KOTA MELALUI PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING |
Nama: HERLIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Herlianti (A 121 19 002). “Meningkatkan Kosakata Siswa SMPN 2 Ampana Kota melalui Penerapan Teknik Pemetaan Pikiran.” Thesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Aminah dan Rofiqoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kosakata siswa melalui penerapan teknik pemetaan pikiran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yang terdiri dari empat langkah: merencanakan, menerapkan, mengamati, dan merefleksikan. Data penelitian ini diambil dari 30 siswa kelas tujuh SMPN 2 Ampana Kota. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan lembar pengamatan untuk menilai penampilan siswa dan guru, tes kosakata, dan catatan lapangan. Tes kosakata digunakan sebagai instrumen utama penelitian, didukung oleh lembar pengamatan dan catatan lapangan sebagai instrumen pendukung. Sehubungan dengan siklus penelitian, siklus I dilaksanakan dalam tiga pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa pada tes yang diberikan. Penerapan dua siklus menunjukkan pengayaan dari pencapaian siswa. Pada tes siklus I, hampir semua siswa gagal dalam tes. Dengan mengubah langkah-langkah penerapan teknik pemetaan pikiran, semua siswa berhasil dalam tes. Mayoritas nilai siswa pada siklus II masuk dalam “kategori sangat bagus” dan mereka semua dikualifikasikan “sukses.” Hal ini dikarenakan penekanan penggunaan bahasa ibu saat mengajarkan mind mapping membuat siswa menambah kosakatanya. Keywords: Meningkatkan, Kosakata, Pemetaan Pikiran |