JudulPENGAJARAN KOSAKATA MELALUI SUBTITLE VIDEO BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS DELAPAN DI SMPN MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: FIKRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fikri (A 122 18 015) Tesis ini berjudul “Pengajaran Kosakata Melalui Subtitle Video Berbahasa Inggris Pada Siswa Kelas Delapan Di SMPN Model Terpadu Madani Palu”. Tesis, Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris , Univesitas Tadulako. Disupervisi oleh Ferry Rita dan Aminah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan video subtitle berbahasa Inggris pada siswa kelas delapan SMPN Madani Palu dapat meningkatkan kosakata siswa atau tidak. Peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah siswa dalam kosakata kata benda, kata kerja, kata sifat dalam bentuk ejaan dan makna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 BIS 1 SMPN Madani Palu. Pesertanya adalah 21 siswa. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Kriteria keberhasilan adalah bahwa ? 70?ri siswa harus lulus skor kosa kata ?70. Hasil siklus 1 mengungkapkan bahwa lebih dari 70% siswa lulus nilai ?70 dan karena itu siklus dihentikan. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai siswa dari tes. Pada tes pertama, jumlah siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum (KKM) adalah 6 siswa (29%). Jumlah siswa yang lulus KKM pada tes kedua adalah 16 (76%). Kuesioner dan observasi juga mendukung data, ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Para siswa aktif dan antusias selama proses belajar mengajar. Kata Kunci: Pengajaran Kosakata, Subtitle Video Berbahasa Inggris. |