JudulKEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: SILVANI SAFITRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran online dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap belajar online pada masa Pandemi COVID-19 di Universitas Tadulako tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tahun ketiga program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling untuk memilih mahasiswa sebagai responden. Hasil penelitian dari kepuasan belajar online mahasiswa selama pandemi COVID-19 adalah sebesar 62.13%, yang mana tergolong dalam kategori puas. Hasil dari masing-masing faktor adalah: Interaksi MahasiswaDosen sebesar 66.37%,yang berarti puasp, Bahan Ajar 67.64%, yang berarti puas, Platform Pembelajaran Online 61.95%, yang berarti puas, dan faktor Fungsionalitas 51.54%, yang berarti kurang puas. Terdapat tiga faktor yang menunuukan hasil puas, dan satu faktor dengan hasil tidak puas. Hasil penelitian yang menunjukan tingkan 'puas' mendominasi hasil respon siswa; dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap pembelajar daring selama masa pandemi COVID19 . Kata kunci: Pembelajaran Daring, Kepuasan Mahasiswa |