Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulINVESTIGASI KECEMASAN BERBICARA MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: DWI KALSUM PERTIWI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini menyelidiki dampak kecemasan berbicara yang dihadapi oleh mahasiswa tahun ketiga; faktor dan strategi dalam mengurangi kecemasan berbicara, tingkat kecemasan berbicara dan bagaimana strategi mereka dalam mengurangi kecemasan berbicara berdampak pada prestasi belajar mereka di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran.Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk partisipan penelitian yang berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa faktor yang paling banyak menyebabkan kecemasan berbicara pada siswa adalah kurangnya persiapan siswa. Strategi yang paling banyak digunakan siswa untuk mengurangi kecemasan adalah persiapan dan latihan. Sebagian besar tingkat kecemasan siswa adalah “Cemas”. Sebagian besar siswa masih memperoleh nilai speaking yang tinggi terlepas dari tingkat kecemasan berbicara mereka yang tinggi, hal ini menunjukkan seberapa baik siswa menangani kecemasan berbicara mereka dengan menggunakan strategi sehingga mereka dapat mengatur pola berbicara dan menunjukkan penampilan yang baik di dalam kelas. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan siswa berdampak positif dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Kata Kunci: Berbicara, Kecemasan, Prestasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up