JudulEXPLORING TECHNIQUES USED BY ENGLISH TEACHER IN TEACHING READING SKILL AT MA PASANGKAYU |
Nama: AISYAH KAHAR PUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Aisyah Kahar Putri A 122 18 004. Mengeksplorasi teknik yang digunakan guru Bahasa Inggris dalam mengajar keterampilan membaca di MA Pasangkayu. Dosen Pembimbing Rofiqoh and Mukrim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pengajaran yang digunakan dalam pengajaran pemahaman membaca oleh guru Bahasa Inggris dari empat Madrasah Aliyah di Kabupaten Pasangkayu. MAN Pasangkayu, MA DDI Pasangkayu, MA DDI Kasoloang dan MA DDI Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. 8 guru Bahasa Inggris menjadi responden dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Data kuantitatif dikumpulkan dan dianalisis pada tahap pertama penelitian dan data kualitatif dikumpulkan pada tahap kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris menggunakan beberapa teknik dalam mengajar pemahaman bacaan seperti Teknik Scanning, Teknik Skimming, SQ3R, Membaca Cepat, Strategi Membaca Detail dan Strategi Membaca Kolaboratif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa guru cenderung menggunakan teknik Scanning-Skimming dan SQ3R dibandingkan dengan teknik lainnya. Menurut mereka, teknik Scanning-Skimming merupakan dua teknik yang sangat efektif digunakan siswa saat ujian Bahasa Inggris, khususnya teks bacaan, mereka lebih mudah mendapatkan informasi dari sebuah teks bacaan. Sedangkan SQ3R merupakan teknik yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif. Guru-guru Madrasah Aliyah Kabupaten Pasangkayu dalam upaya peningkatan pengajaran membaca hanya sebagian yang pernah mengikuti seminar/webinar atau pelatihan dari instansi atau sekolah terkait. Adapun upaya mereka dalam meningkatkan keterampilan mengajar membaca, hanya sedikit dari mereka yang kreatif belajar mandiri untuk mencari referensi, mengadakan kelompok belajar, mereview jurnal dan mendownload video tentang mengajar teknik membaca. Setiap guru perlu lebih kreatif agar proses pembelajaran dapat berhasil. Kata Kunci: Teknik Mengajar, Pemahaman Membaca. |