JudulHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX SMPN 1 BANAWA TENGAH |
Nama: ROSMAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengamati hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI SMPN 1 Banawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Banawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Banawa Tengah. Jumlah populasi sebanyak 111 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dikembangkan oleh Gardner; Sikap / Motivasi Tes Baterai: Proyek Penelitian AMTB Internasional (versi bahasa Inggris). Prestasi bahasa Inggris diperoleh dari nilai rata-rata siswa yang berasal dari kelas tujuh semester satu sampai semester enam kelas sembilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Produk - Momen Pearson yang dihitung dengan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 25 for windows. Hasil analisis menunjukkan tingkat signifikansi 0,000 <0,05 dengan koefisien korelasi 0,680. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi dan prestasi bahasa Inggris. Artinya, semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula nilai prestasi belajarnya. Kata Kunci: Korelasi; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Bahasa Inggris |