JudulPENGGUNAAN TEKNIK SQ3R UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS SEBELAS DI SMA NEGERI 6 PALU |
Nama: DWI PUTRI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah SQ3R teknik dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas di SMA Negeri 6 Palu. Peneliti menggunakan quasi-experimental - nonequivalent pre-test post-test control group. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling dan sampelnya adalah XI MIA 2 sebagai grup eksperimental dan XI MIA 3 sebagai grup kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes diberikan dua kali; pre-test dan post-test. Data dianalisa menggunakan statistik ujit-tes. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata siswa pada grup eksperimental adalah 82.12, sedangkan nilai rata-rata siswa pada grup kontrol adalah 70.36. Hasil analisa data menunjukan bahwa nilai t-counted (3.08) lebih tinggi dibandingkan nilai t-table (2.0126) dengan menerapkan tingkat signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan 34. Hasil tes menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan SQ3R teknik dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas di SMA Negeri 6 Palu. |