Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN TEKNIK BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS TUJUH DI SMP NEGERI 10 PALU
Nama: RIZKA MAYA ANDINI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Rizka Maya Andini. A 122 17 017. “Penerapan Teknik Berbasis Kecerdasan Majemuk unruk Mengembangkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas Tujuh di SMP Negeri 10 Palu”, pembimbing, Anshari Syafar dan Abdul Kamaruddin. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah penggunaan teknik berbasis kecerdasan majemuk dapat mengembangkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh SMP Negeri 10 Palu. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan non-equivalent pre-test post-test control group. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih subyek penelitian. Kemudian, penelitian ini secara proposive menetapkan kelas VIID sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan t-test untuk membandingkan skor rata-rata yang diperoleh dari kedua kelompok. Skor kelompok eksperimen pada pre-test (30.92) dan post-test (48.15) dan skor dari kelompok kontrol pada pre-test (32.02) dan post-test (36.03). Nilai rata-rata kelompok eksperimen dan kontrol dibandingkan, untuk memperoleh nilai t-test, yaitu 3,19, maka skor ini dibandingkan dengan nilai t-tabel untuk melihat tingkat signifikansi yang diatur pada 0,5 dengan kebebasan 38 derajat. Dari perbandingan itu, menunjukkan bahwa t-value atau t-counted 3,19 lebih besar dari t-tabel 2,0042. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa kelas yang telah diajarkan oleh teknik berbasis kecerdasan ganda berkembang dalam penguasaan kosa kata dibandingkan dengan kelas yang belum diajarkan olehnya. Dengan kata lain, menggunakan teknik berbasis kecerdasan ganda dapat mengembangkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh SMP Negeri 10 Palu. Kata Kunci: Mengembangkan, Pemahaman kosa kata, Multiple Intelligence.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up