JudulEFFEKTIVITAS ASOSIASI KATA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS TUJUH SMP SATU ATAP NEGERI 3 SINDUE TOBATA |
Nama: TASNA |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Tasna, A 122 17 014. Efektivitas Penggunaan Asosiasi Kata Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Siswa Kelas Tujuh Smp Satu Atap Negeri 3 Sindue Tobat. Di bawah bimbingan oleh Mochtar Marhum and Ferry Rita. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan assosiasi kata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh SMP Satu Atap Negeri 3 Sindue Tobata. Penelitian ini menggunakan quasi experimental, yang mana terdapat dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini diambil dari populasi kelas VII dengan menggunakan teknik secara acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Tes terbagi menjadi dua; pretest dan posttest yang diberikan kepada kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Treatment (pengajaran) dilakukan sebanyak enam kali, yang mana treatment menggunakan asosiasi kata diberikan kepada kelompok eksperimental sedangkan kelompok kontrol menggunakan teknik yang biasa. Data didapatkan dari tes yang dianalisis secara statistik. Dari analisis tersebut, didapatkan perbedaan antara hasil dari kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Merujuk pada uji hipotesa yang dilakukan dari analisis, terdapat perbedaan dari hasil analisis tersebut, dengan menggunakan taraf signifikan 0.05 dan taraf kebebasan (df) 48, peneliti menemukan bahwa t-hitung (6.92) lebih tinggi dari pada t- tabel (2.0168). Yang berarti hipotesa dapat diterima. Dengan kata lain, penggunaan metode asosiasi kata mempunyai efek yang sangat signifikan pada penguasaan kosakata siswa kelas tujuh SMP Satu Atap Negeri 3 Sindue Tobata. Kata Kunci: Asosiasi kata, meningkatkan penguasaan kosakata. |