JudulPENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA KEPADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALU MELALUI PEMBELAJARAN CAMPURAN |
Nama: MUH ARASY HAIRUL |
Tahun: 2019 |
Abstrak Muh Arasy Hairul, A 122 17 013. Pengajaran Keterampilan Berbicara kepada Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Palu Melalui Pembelajaran Campuran, dibimbing oleh Mawardin M. Said dan Ferry Rita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah keterampilan berbicara dapat diajarkan melalui pembelajaran campuran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental. Jumlah populasi siswa kelas X ini terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil secara acak untuk memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan melalui tes. Pretest dilakukan untuk mengukur keterampilan berbicara siswa sebelum penelitian, sedangkan posttest dilakukan untuk mengukur keterampilan berbicara siswa setelah penelitian. Data dianalisis secara statistik dan deskriptif. Berdasarkan hasil posttest, skor rata-rata kelas eksperimen adalah 74,38 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 66,75. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menerapkan uji dua-ekor pada tingkat signifikansi 0,05 dengan 38 derajat kebebasan (df) atau Nx + Ny-2 = 71. Hasil t-hitung (2,33) lebih tinggi dari t-tabel (1,689) sehingga hipotesis diterima. Karenanya, keterampilan berbicara dapat diajarkan melalui pembelajaran campuran. Kata Kunci: Pengajaran, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Campuran |