JudulMENGAJARKAN TINGKAT PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 PALU MELALUI KOMPILASI SEDERHANA |
Nama: RISA RUSIANA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Risa Rusiana. Pengajaran tingkat perbandingan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palu teknik kompilasi sederhana. Dibawah bimbingan Hasan Basri dan Mochtar Marhum. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas teknik kompilasi sederhana dalam pengajaran tingkat perbandingan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Satu siklus terdiri dari lima pertemuan. Implementasi teknik kompliasi sederhana dilakukan pada pertemuan pertama hingga keempat. Pertemuan kelima adalah tes prestasi. Dalam fase implementasi, peneliti menggunakan teknik kompilasi sederhana dengan menerapkannya pada pemberian contoh dan latihan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dari lembar observasi, catatan lapangan, dan tes prestasi. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Data dari lembar observasi dan catatan lapangan menunjukkan bahwa ada kemajuan yang lebih baik dari perilaku siswa dalam setiap pertemuan. Penampilan guru dalam proses belajar mengajar berdarkan pada apa yang telah direncanakan. Hasil tes menemukan bahwa hanya tiga (12,5%) siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan belajar. Dua puluh satu (87,5%) siswa telah memenuhi kriteriaketuntasan belajar. Rata-rata skor individu adalah 79,0. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tehnik kompilasi sederhana efektif dalam mengjarkan tingkat perbandingan pada siswa. Istilah kunci: Tingkat Perbandingan, Kompilasi Sederhana, Penelitian Tindakan Kelas, dan Kriteria Ketuntasan |