JudulEFEK BENDA NYATA TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS TUJUH SMP NEGERI 13 PALU |
Nama: NURFAUZIAH MANSUR |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurfauziah Mansur, A 122 17 007. Efek Benda Nyata Terhadap Hasil Belajar dalam Pemblajaran Kosa Kata Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Palu. Dibawah pembimbingan Dosen Mochtar Marhum and Sriati Usman. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efek benda konkrit pada hasil belajar siswa dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris pada kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi, yang mana terdapat dua kelompok, kelompok ekperiemn dan kelompok kontrol. Kelompok VII E sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelompok VII F sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini melibatkan 50 siswa pada SMP Negeri 13 Palu. Sampel penelitian ini diambil dari populasi kelas VII menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan tes sebagai alat untuk mengumpul data. Tes terbagi menjadi dua; pretest dan posttest yang diberikan kepada kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Treatment (pengajaran) dilakukan sebanyak enam kali, yang mana treatment (pengjaran) menggunakan benda konkrit diberikan kepada kelompok eksperimental sedangkan kelompok kontrol menggunakan teknik lain. Data didapatkan dari tes yang dianalisis secara statistik. Dari analisis tersebut, didapatkan perbedaan antara hasil dari kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Merujuk pada uji hipotesa yang dilakukan dari analisis, terdapat perbedaan dari hasil anilisis tersebut, dengan menggunakan taraf signifikasni 0.05 dan taraf kebebasan (df) 48, peneliti menemukan bahwa t-hitung (5.11) lebih tinggi dari pada t-tabel (2.0126). Yang berarti hipotesa dapat diterima dengan kata lain pengguanan benda konkrit/nyata mempunyai efek yang sangat signifikan pada pembelajaran kosakata. Kata kunci: Pengaruh, Benda Konkrit, Pembelajaran Kosakata. |