Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH TEKNIK SHADOWING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS SEBELAS SMA NEGERI 2 PALU
Nama: SINDI
Tahun: 2025
Abstrak
SINDI (A12121195). Pengaruh Teknik Shadowing terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Darmawan dan Wahyudin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik shadowing terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Palu, khususnya dalam aspek ketepatan (accuracy) dan kemudahan dipahami (comprehensibility). Shadowing adalah metode pembelajaran yang melibatkan kegiatan mendengarkan dan langsung menirukan ucapan penutur asli untuk mengembangkan pelafalan, intonasi, dan struktur kalimat yang alami. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan model satu kelompok pre-test dan post-test. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa kelas XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes lisan yang berfokus pada dua aspek penilaian: ketepatan dan kemudahan dipahami. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 42,12 pada pre-test menjadi 62,03 pada post-test. Pengujian hipotesis menggunakan t-test menunjukkan bahwa nilai t-hitung (3.936) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.706) pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa teknik shadowing efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, terutama dalam membantu mereka mengatasi kesulitan dalam pelafalan, tata bahasa, dan kosakata. Berdasarkan temuan ini, teknik shadowing dapat dianggap sebagai strategi yang efektif dan interaktif dalam pengajaran berbicara di kelas bahasa Inggris. Kata kunci: shadowing, kemampuan berbicara, ketepatan, kemudahan dipahami, preeksperimental.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up