Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Pemahaman Mendengarkan Siswa Kelas Delapan Di MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu Melalui Tehnik Dictogloss
Nama: NILA SAHRIYAH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini mengkaji efektivitas teknik dictogloss dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa kelas delapan di MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu selama tahun ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan desain kuantitatif pra-eksperimen, penelitian ini melibatkan seluruh 25 siswa dari kelas sasaran sebagai partisipan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen pre-test dan post-test, masing-masing terdiri dari 10 soal isian dan 10 soal pilihan ganda yang berfokus pada teks naratif sebagai tes. Teknik dictogloss diterapkan sebagai intervensi, di mana siswa mendengarkan bacaan, mencatat poin-poin penting, dan secara kolaboratif menyusun kembali teks tersebut. Analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mendengarkan siswa, dengan skor rata-rata meningkat dari 51,40 (pre-test) menjadi 75,00 (post-test). Uji Shapiro-Wilk mengonfirmasi distribusi data yang normal, dan uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan tersebut signifikan secara statistik (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa dictogloss tidak hanya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali kata-kata yang diucapkan dan memahami gagasan utama, tetapi juga meningkatkan keterlibatan, perolehan kosakata, dan keterampilan kolaboratif. Studi ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan teknik dictogloss ke dalam pengajaran di kelas merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan di kalangan siswa SMP yang belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up