JudulPENGGUNAAN PERMAINAN SCATTERGORIES UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUH DI SMP NEGERI 1 PARIGI |
Nama: NILUH YUNI KARTIKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan permainan Scattergories dapat mengembangkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Parigi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental, yang melibatkan 32 siswa kontrol dan 32 siswa eksperimen. Tes kosakata digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Tes ini merupakan tes objektif. Tes diberikan dua kali, yaitu pre-test dan post-test untuk menilai penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Data yang diperoleh tidak berdistribusi normal, oleh karena itu data dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney U melalui SPSS versi 24. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelompok kontrol dan eksperimen, dimana nilai rata-rata kelompok kontrol 78 dan kelompok eksperimen 85. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen (Z = -1.975, p = 0.048). Hasil ini menunjukkan bahwa permainan Scattergories secara efektif meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh, membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan berdampak. |