Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN PERMAINAN SCATTERGORIES UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUH DI SMP NEGERI 1 PARIGI
Nama: NILUH YUNI KARTIKA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan permainan Scattergories dapat mengembangkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Parigi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental, yang melibatkan 32 siswa kontrol dan 32 siswa eksperimen. Tes kosakata digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Tes ini merupakan tes objektif. Tes diberikan dua kali, yaitu pre-test dan post-test untuk menilai penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Data yang diperoleh tidak berdistribusi normal, oleh karena itu data dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney U melalui SPSS versi 24. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelompok kontrol dan eksperimen, dimana nilai rata-rata kelompok kontrol 78 dan kelompok eksperimen 85. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen (Z = -1.975, p = 0.048). Hasil ini menunjukkan bahwa permainan Scattergories secara efektif meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh, membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan berdampak.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up