JudulPENGGUNAAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUH SMPK GPID SUMBERSARI |
Nama: DWI PUTRI TOBA ANGGREANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan kartu flash dapat meningkatkan kosakata siswa kelas VII SMPK GPID Sumbersari. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi terdiri dari dua kelas tujuh. Data dikumpulkan melalui tes kosakata, tes diberikan dua kali sebagai pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney U melalui SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 67 menjadi 88. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan yang signifikan (Z = -2.102, p = 0.036). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, penggunaan flashcard dapat meningkatkan kosakata siswa kelas VII SMPK GPID Sumbersari. |