JudulPenggunaan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Palu |
Nama: MUTMAINNAH HAYATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Mutmainnah Hayati, 2025. “Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Palu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Mochtar Marhum dan (2) Hastini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah penerapan wordwall dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan mengidentifikasi kategori kata mana yang menunjukkan peningkatan terbesar. Menggunakan desain pra-eksperimental dengan model pre-test dan post-test satu kelompok, penelitian ini mengevaluasi apakah penggunaan media Wordwall, khususnya platform digital Wordwall.net, dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa, serta menganalisis kategori kata mana yang menunjukkan peningkatan terbesar setelah penerapan Wordwall. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Palu, dan sampelnya adalah kelas VIII D, yang dipilih menggunakan teknik sampling purposif. Uji t sampel berpasangan digunakan. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor siswa pada pre-test dan post-test. Rata-rata skor siswa pada pre-test meningkat dari 36,04 menjadi 52,22 pada post-test. Uji t sampel berpasangan mengonfirmasi bahwa skor pre-test dan post-test mengalami peningkatan yang signifikan (p = 0.000). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (HA) diterima. Oleh karena itu, penggunaan media Wordwall efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Palu, dan kata sifat adalah kata konten yang paling meningkat setelah penerapan media tersebut. Kata kunci: Media Word Wall, Penguasaan Kosakata, Siswa Kelas VIII |