JudulPENGGUNAAN STRATEGI GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS X DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: MUHAMMAD RAYHAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Muhammad Rayhan, A 121 21 063. “The Use Of Gamification Strategy To Improve Writing Skills Of Grade Ten Students At Sma Labschool Untad Palu”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Sriati Usman dan Andi Patmasari. Penelitian ini mengkaji dampak gamifikasi terhadap peningkatan keterampilan menulis bahasa Inggris, khususnya dalam aspek kosakata dan tata bahasa, pada siswa kelas 10. Menggunakan desain quasi-eksperimental, penelitian membandingkan kelompok eksperimen yang menggunakan gamifikasi dengan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui penilaian pre-test dan post-test penulisan teks recount, yang dievaluasi berdasarkan kerangka Heaton (1988). Hasil menunjukkan bahwa meskipun kelompok eksperimen mencapai skor lebih tinggi, nilai t-hitung (1,2) lebih rendah dari t-tabel (2,010), yang mengakibatkan penolakan hipotesis. Ini menandakan bahwa gamifikasi tidak secara signifikan meningkatkan ketepatan tata bahasa atau penguasaan kosakata. Untuk efektivitas yang lebih baik, penelitian selanjutnya perlu mempertimbangkan periode implementasi yang lebih panjang, tingkat kesulitan tugas yang lebih terstruktur, sistem umpan balik yang terarah, dan integrasi dengan metode pengajaran lain. Memperluas ukuran sampel dan fokus pada aspek penulisan tertentu juga dapat menghasilkan hasil yang lebih optimal. Kata Kunci: Keterampilan menulis, siswa EFL, Gamifikasi, Penguasaan tata bahasa, Pengembangan kosakata. |