Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN APLIKASI SPOTIFY UNTUK MENINGKATKAN PELAFALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU
Nama: SELLINDA PUTRI
Tahun: 2025
Abstrak
Sellinda Putri, A 121 21 054 “Penggunaan Aplikasi Spotify untuk Meningkatkan Pengucapan Siswa Kelas Delapan SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Sriati Usman dan Hastini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Spotify, dengan menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris dan podcast, terhadap pelafalan siswa di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan Spotify dan kelas kontrol yang menggunakan metode tradisional. Sampel terdiri dari dua kelas delapan yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pelafalan siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 14,58 menjadi 24,77, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 20,83 menjadi 38,89. Uji Wilcoxon Signed Ranks mengkonfirmasi bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan (Z = -3.963, p = 0.000). Namun, uji MannWhitney menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (p = 0,677). Ini berarti bahwa meskipun Spotify membantu meningkatkan pelafalan siswa, Spotify tidak terbukti lebih efektif daripada metode pengajaran tradisional. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi Spotify dapat membantu siswa meningkatkan pelafalan mereka, terutama untuk bunyi konsonan /?/, /?/, /?/, dan /ð/. Meskipun peningkatannya tidak lebih besar dari metode konvensional, Spotify tetap membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Kata kunci: Pelafalan, Spotify, Meningkatkan, Bunyi Konsonan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up