JudulPENGGUNAAN GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANAWA |
Nama: SEPTIANA AYU ANANDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Septiana Ayu Ananda (A 121 21 052). “The Use of Pictures in Improving Reading Comprehension of Eighth Grade Students at SMP Negeri 1 Banawa”. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan Jamiluddin dan Wahyudin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah gambar dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banawa. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pre-test dan post-test yang dilakukan pada 29 siswa dari Kelas VIII B. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pemahaman membaca siswa dinilai sebelum dan sesudah intervensi dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 47,14 pada pre-test menjadi 57,90 pada post-test. Uji-t sampel berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan post-test (p = 0,000), yang mengindikasikan bahwa penggunaan gambar memiliki dampak yang signifikan secara statistik terhadap pemahaman membaca siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Banawa. Kata Kunci: Gambar, Pemahaman Membaca. |