JudulPENGGUNAAN STRATEGI READ, COVER, REMEMBER, RETELL (RCRR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARIGI |
Nama: NOVI SULISTYA NINGSIH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Novi Sulistya Ningsih (A 121 21 046). “The Use of Read, Cover, Remember, Retell (RCRR) Strategy to Improve Students’ Reading Comprehension of Eighth Grade Students at SMP Negeri 1 Parigi”. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan Jamiluddin dan Wahyudin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi Read, Cover, Remember, Retell (RCRR) efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Parigi. Dengan menggunakan desain pra-eksperimen dengan model pre-test dan post-test satu kelompok, penelitian ini menilai pemahaman membaca siswa sebelum dan setelah penerapan strategi Read, Cover, Remember, Retell. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Parigi, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Uji Wilcoxon Signed-Rank digunakan karena distribusi data tidak normal, seperti yang diidentifikasi melalui uji ShapiroWilk. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian siswa pada pre-test dan post-test. Nilai rata-rata siswa pada pretest meningkat dari 68,57 menjadi 76,67 pada post-test. Uji Wilcoxon Signed-Rank Test mengkonfirmasi bahwa skor pre-test dan post-test mengalami peningkatan yang signifikan (Z = -3.349, p = 0.001). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, penerapan strategi Read, Cover, Remember, Retell (RCRR) efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi. Kata Kunci: Strategi Read, Cover, Remember, Retell (RCRR), Pemahaman Membaca |