JudulMENINGKATKAN PENGETAHUAN GRAMATIKAL SISWA DALAM KALIMAT PASIF MELALUI PENILAIAN TEMAN SEBAYA (STUDI DI SMA NEGERI 6 SIGI) |
Nama: ANISAFITRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah Penilaian Teman Sebaya (Peer Assessment) dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan siswa tentang kalimat pasif dalam tata bahasa. Penelitian ini menyelidiki penilaian teman sebaya sebagai strategi pembelajaran, dengan fokus pada kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan gramatikal tentang kalimat pasif. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti menggunakan desain kuasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA Negeri 6 Sigi. Peneliti mengambil kelas XI B (38 siswa dalam kelompok eksperimen) dan XI C (38 siswa dalam kelompok kontrol) sebagai sample dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test, dengan analisis data menggunakan uji Mann-Whiteney (SPSS 24). Uji Mann-Whiteney digunakan untuk membandingkan dua kelompok independen dengan data ordinal atau interval yang tidak terdistribusi normal. Hasil uji menunjukkan bahwa statistik uji adalah 0.000, yang lebih kecil dari 0.05, yang berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Disimpulkan bahwa penilaian teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam tata bahasa Inggris. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi siswa, guru, dan peneliti di masa depan, yang menyoroti potensi penilaian teman sebaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). |