JudulMeningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII Melalui Permainan Kata Di SMP Negeri 10 Palu |
Nama: ZEFANYA CLAVINOVA KANDOLIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Zefanya Clavinova Kandolia, 2024. “Increasing English Vocabulary of Grade VIII Students through Word Games at SMP Negeri 10 Palu”. Skripsi. English Education Study Program, Bachelor’s Degree, Tadulako University, Supervisor Mawardin M. Said, Co Supervisor Desrin Lebagi. The objective of this research is to find out whether or not the use of Word Games can effectively increase English vocabulary of grade VIII students at SMP Negeri 10 Palu. This research applied a quasi-experimental design that involved two classes, the experimental class and the control class. The samples of this research was the grade VIII students at SMP Negeri 10 Palu; VIII A consisted of 25 students as an experimental class and VIII B consisted of 25 students as a control class were selected by using simple random sampling. The data were collected through pretest and posttest. The data were analyzed by using SPSS application version 29. The result of the mean score in the experimental class on pretest is 53.44 and the control class is 50.08. The mean score of the posttest in the experimental class is 90.04 and the control class is 61.12. After doing independent samples t test, the result showed that the significance is 0.000 and the standard significance is 0.05 which means that the value of significance is lower than the standard significance (0,000<0,05). It can be concluded that the use of Word Games can increase English vocabulary of the grade VIII students. Keywords: Increasing, Vocabulary, Word Games Zefanya Clavinova Kandolia, 2024. “Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII melalui Permainan Kata di Smp Negeri 10 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Sarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Mawardin M. Said (2) Desrin Lebagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Permainan Kata dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi- eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palu; kelas VIII A terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 29. Hasil skor rata-rata di kelas eksperimen pada pretest adalah 53.44 dan kelas kontrol adalah 50.08. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 90.04 dan kelas kontrol adalah 61.12. Setelah dilakukan uji independent samples t-test, diperoleh hasil signifikansi sebesar 0.000 dan taraf signifikansi 0.05 yang berarti nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Permainan Kata dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VIII. Kata Kunci: Meningkatkan, Kosakata, Permainan Kata |