JudulPENGGUNAAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 1 PALU |
Nama: TJIANGRAYUDI BENYAMIN ALFARON |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ada beberapa kasus dalam pembelajaran berbicara yang dihadapi oleh siswa SMP Negeri 1 Palu. Masalahnya adalah ketika siswa berbicara, mereka masih memiliki kata pengisi dalam berbicara. Selain itu, siswa tidak percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris di kelas speaking. Mereka tidak dapat berbicara secara akurat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan Tiktok dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Palu. Peneliti menjawab permasalahan di atas dengan menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen, dengan purposive sampling untuk memilih sampel. Ada 32 siswa di kelas VIII G dan 32 siswa di kelas VIII D. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan tes lisan sebagai tes berbicara, dan perekam suara sebagai instrumen untuk memperoleh jawaban dari siswa. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan video stich Tiktok efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu. Temuan ini dapat membantu guru untuk mendapatkan metode baru, yang dirancang untuk membuat siswa berpartisipasi aktif dalam mengekspresikan ide dan pendapat dalam bahasa Inggris. Kata kunci: Tiktok, Meningkatkan, Keterampilan Berbicara |