Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMemperbaiki Pemahaman Bacaan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Dampal Selatan Tolitoli Melalui DRTA (Directed Reading Thinking Activity)
Nama: NURHERIKA
Tahun: 2024
Abstrak
NURHERIKA (A12120213). <Memperbaiki Pemahaman Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Dampal Selatan Tolitoli Melalui DRTA (Directed Reading Thinking Activity)= Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Mawardin M.Said dan Andi Patmasari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Dampal Selatan. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKJ dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu pretest dan posttest. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity). Data dianalisis secara statistik untuk mengukur perbedaan skor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antara hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan adalah 51,10. Setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata siswa pada posttest adalah 71,48. Dengan menggunakan taraf signifikan 0,05, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (5,31) lebih tinggi dari t tabel (1,697). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) efektif untuk memperbaiki pemahaman bacaan siswa kelas X di SMK Negeri 1 Dampal Selatan dan dapat diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: Memperbaiki, Pemahaman bacaan DRTA (Directed Reading Thinking Activity)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up