Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPROVING SPEAKING SKILL OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PALU THROUGH THE USE OF TIKTOK APPLICATION
Nama: DEVA FRANSISKA
Tahun: 2025
Abstrak
Deva Fransiska (A12120204). Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu Melalui Penggunaan Aplikasi TikTok”. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Mukrim dan Andi Patmasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi TikTok dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 siswa dari kelas X D (reguler) sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa dari kelas X C (non-reguler) sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan aplikasi TikTok untuk mengajarkan keterampilan berbicara, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode konvensional. Analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest adalah 47.64, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai 65.69. Pada post-test, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74.78, dibandingkan dengan 66,21 untuk kelas kontrol. Lebih lanjut, perhitungan uji-t menunjukkan bahwa t-hitung (10.59) lebih tinggi daripada t-tabel (1.670). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palu. Kata kunci: Meningkatkan, Keterampilan Berbicara, Aplikasi TikTok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up