Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sigi
Nama: FITRIANI
Tahun: 2024
Abstrak
Fitriani (A 121 20 178). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Anjar Kusuma Dewi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas SMA Negeri 2 Sigi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 58 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sigi, 28 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen, dan 30 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Selanjutnya, pengumpulan data adalah tes membaca dalam bentuk soal pilihan ganda dan esai. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Pre-test diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol sebelum perlakuan. Sedangkan post-test diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan. Perlakuan hanya diberikan kepada kelompok eksperimen selama enam kali pertemuan dengan menerapkan PjBL. Sedangkan kelompok kontrol hanya melakukan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk membandingkan skor rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen adalah 63,93 dan kelompok kontrol adalah 66,58. Kemudian, rata-rata nilai post-test siswa pada kelompok eksperimen sebesar 74,73, dan pada kelompok kontrol sebesar 71,33. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05, diperoleh nilai thitung (4,56) lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (1,673). Oleh karena itu, hipotesis penelitian diterima. Artinya penerapan PjBL dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas SMA Negeri 2 Sigi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL dalam penelitian ini efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa dalam pengajaran membaca, guru dapat menerapkan metode PjBL selama proses belajar mengajar sebagai salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kata kunci: Meningkatkan, Pemahaman Membaca, Project Based learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up