JudulPENGGUNAAN STRATEGI FIX-UP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA KELAS SEPULUH SISWA SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: MAGFIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRACT This research aims to find out whether the use of the fix-up strategy can improve the reading comprehension of tenth-grade students at SMA Negeri 7 Palu. Apart from that, this research was also carried out through a quasi-experimental research design using experiments and classroom control. They were X 10 as the experimental class and X 2 as the control class. The experimental class was treated by applying a fix-up strategy, while the control class was taught using conventional methods. The instruments used in data collection were tests given as pretest and posttest. The data obtained from this research were analyzed statically to determine significant differences between the two classes. The test results show that the average score of the experimental class increased. There are several factors why the scores of students in the experimental group, who were taught using the fix-up strategy, can increase significantly, namely, students find it easier to find important things, and information from the text, enthusiasm during the learning process, and their vocabulary increases. By applying a significance level of 0.05, the researcher found that ?????????????????????????????????(4.32) was higher than ?????????????????????????, (1.676). This confirms that the research hypothesis is accepted. In conclusion, the use of the fix-up strategy can improve the reading comprehension of tenth-grade students at SMA Negeri 7 Palu. so that the fix-up strategy is an alternative strategy that can be used to improve students' reading abilities. Keywords: fix-up strategy, improving,, reading comprehension ? ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan strategi fix-up dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 7 Palu. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan melalui desain penelitian quasi eksperimen yang menggunakan eksperimen dan kontrol kelas. Mereka adalah X 10 sebagai kelas eksperimen dan X 2 sebagai kelas kontrol kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan strategi fix-up, sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes yang diberikan sebagai pretest dan posttest. Itu Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis secara statis untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara dua kelas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa, skor rata-rata kelas eksperimen meningkat. Ada beberapa faktor mengapa nilai siswa dalam kelompok eksperimen, yang diajarkan menggunakan strategi fix-up dapat meningkat secara signifikan yaitu siswa lebih mudah menemukan hal-hal penting, informasi dari teks, semangat selama proses pembelajaran, kosa kata mereka meningkat. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa ????????????????????????????????? (4.32) lebih tinggi dari ?????????????????????????, (1.676). Ini menegaskan bahwa, hipotesis penelitian diterima. Kesimpulannya, penggunaan strategi fix-up dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 7 Palu. sehingga strategi fix-up menjadi salah satu strategi alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kata Kunci: Strategi fix-up, Peningkatan, Pemahaman membaca |