Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN PASANGAN MINIMAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUCAPAN SISWA KELAS SEPULUH SMA NEGERI 2 SIGI
Nama: CINDHY QIRANA CINTA MENTARI
Tahun: 2025
Abstrak
Cindhy Qirana Cinta Mentari (A121 20 113). Skripsi dengan judul Penggunaan Pasangan Minimal untuk Meningkatkan Pengucapan Siswa Kelas Sepuluh SMA Negeri 2 Sigi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Rofiqoh dan Hastini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pasangan minimal dapat meningkatkan pengucapan siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Sigi.Penelitian ini menggunakan desain pre ekperimen. Populasi penelitian ini adalah 266 siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Sigi. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas XC.Untuk mengumpulkan data, tes pengucapan digunakan sebagai instrument penelitian. Data dianalisis menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengucapan siswa meningkat setelah mendapatkan perlakuan. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai rata-rata posttest (72,73) lebih ditinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest (43,07). Hal ini didukung dengan analisis data menggunakan paired sample t-test. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) lebih rendah dibandingkan tingkat alpha yang dipilih (0,000 < 0,05). Sehingga, alternative hipotesis (Ha) diterima dan null hipotesis (Ho) ditolak atau dapat disimpulkan bahwa penggunakan pasangan minimal untuk meningkatkan pengucapan siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Sigi adalah efektif.Implikasi dari hasil penemuan dalam praktik pembelajaran adalah bahwa guru perlu menggunakan pasangan minimal dalam mengajar pengucapan untuk membuat pengucapan siswa menjadi lebih baik. Kata kunci: Meningkatkan, Pasangan Minimal, Pengucapan, Pre-Eksperimen

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up