JudulMENGIDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA PADA KETERAMPILAN BERBICARA DI SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: HILYATUL AULIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepribadian terhadap keterampilan berbicara. Fokusnya adalah analisis pengaruh kepribadian ekstrovert dan introvert siswa terhadap kinerja berbicara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan tes berbicara. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Terdapat 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa ekstrovert dan 21 siswa introvert yang telah dibagi menggunakan Eysenck Personality Questionnaire untuk memperoleh data yang diperlukan. Analisis data dilakukan berdasarkan prosedur analisis data yang disarankan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari langkah reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil dari data ini menunjukkan bahwa siswa ekstrovert lebih baik daripada siswa introvert dalam keterampilan berbicara. Siswa dengan kepribadian ekstrovert berkomunikasi lebih lancar dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepribadian introvert. Penelitian ini menyarankan agar guru mempertimbangkan kepribadian siswa ketika menerapkan strategi pengajaran. Guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan strategi yang memotivasi siswa introvert untuk berpartisipasi lebih aktif dalam kegiatan berbicara, meningkatkan kepercayaan diri dan kefasihan mereka dalam berbicara. |