JudulPenerapan Metode Project Based Learning Berbantuan TikTok Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani |
Nama: SINDI RAHAYU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak Sindi Rahayu (A12120090), Penerapan Metode Project Based Learning Berbantuan TikTok dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Rofiqoh sebagai pembimbing I dan Wahyudin sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan metode Project-Based Learning berbantuan TikTok dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 58 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya, data penelitian diambil melalui tes berbicara yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum perlakuan. Post-test juga diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Nilai rata-rata pre-test untuk kelompok eksperimen adalah 44,28 dan kelompok kontrol adalah 58,8. Kemudian, skor rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen adalah 72 dan kelompok kontrol adalah 60,8. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus t-hitung dengan derajat kebebasan (df) = Nx + Ny - 2 = 28 +30 - 2 = 56. Hasil analisis menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 6,395 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,003. Hal ini berarti t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Oleh karena itu, hipotesis penelitian diterima. Temuan ini telah menjawab pertanyaan dari rumusan masalah bahwa penerapan metode PjBL berbantuan TikTok dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IX SMP Negeri Model Terpadu Madani. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa dalam pengajaran berbicara, guru perlu menggunakan metode PjBL yang dirancang untuk membuat siswa berpartisipasi aktif dalam mengekspresikan ide dan pendapat dalam bahasa Inggris. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) |