Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENGEKSPLORASI STRATEGI DALAM MEMAHAMI TEKS BACAAN AKADEMIK: STUDI PADA MAHASISWA SEMESTER TUJUH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: TRIBUANA PUSPITASARI
Tahun: 2025
Abstrak
Tribuana Puspitasari (2025) Exploring Strategies in Comprehending ReadingAcademic Texts: AStudy on The Seventh Semester Students at English EducationStudy Program at Tadulako University Penelitian ini menyelidiki strategi membaca yang digunakan oleh mahasiswa semester tujuh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Tadulako. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang diberikan kepada 21 mahasiswa. Temuan penelitianmengungkapkan bahwa meskipun mahasiswa sering menggunakan strategi seperti membaca sekilas, memindai, membaca ulang, dan menggunakan kamus untukmeningkatkan pemahaman, strategi bermanfaat lainnya seperti meringkas, mencatat, dan menghubungkan ide dengan pengetahuan sebelumnya kurang dimanfaatkan. Selain itu, banyak mahasiswa bergantung pada penerjemahan ke dalambahasa pertama mereka dan bantuan dari teman sebaya, yang menunjukkan tantanganberkelanjutan dalam memproses teks akademis dalam bahasa Inggris. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya mempromosikan kesadaran metakognitif dan penggunaan strategi yang fleksibel dalam instruksi membaca akademis. Penelitianini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik yang bertujuan untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa melalui dukungan yang ditargetkandanpelatihan strategi. Kata kunci: membaca akademis, strategi membaca, bahasa Inggris sebagai bahasaasing, pendidikan tinggi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up